esin consumer


Profil Kelompok Tani Vigur Asri Malang
Mei 16, 2009, 3:29 am
Filed under: vigurasri | Tag: , , ,

Latar Belakang Berdirinya dan Perkembangan Kelompok Tani Wanita Vigur Asri

  • Kelompok tani Vigur Asri merupakan kelompok tani yang bergerak dibidang tanaman organik dengan cara memanfaatkan pekarangan di lingkungan perumahan tempat tinggal anggota. Kegiatan bertanam sayuran  ini pada awalnya sebagai salah satu kegiatan hoby ibu-ibu dengan cara mengoptimalkan lahan pekarangan dan waktu luang yang dimiliki masing-masing anggota disela-sela kesibukannnya mengurus keluarga maupun pekerjaan, serta untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sayuran keluarga.
  • Setelah mendapatkan penyuluhan dari petani Kurnia Kitri Ayu yang berlokasi di Sukun milik bapak Hari S. Pada bulan Mei 2007, 11 orang anggota (yang tidak memiliki latar belakang pengetahuan/pendidikan maupun keterampilan di bidang pertanian dan sebagian besar ibu rumah tangga) sepakat untuk membuat kelompok dan berpatungan dalam penyediaan modal, dengan kegiatan utama menanam sayuran organik yang orientasinya bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan anggota, melainkan berorientasi usaha/bisnis.
  • Karena sebagian besar anggotanya ibu-ibu, maka kelompok ini menamakan diri sebagai “Kelompok Tani Wanita Vigur Asri”. Nama “Vigur” merupakan kependekan dari Villa Gunung Buring, sedangkan kata “asri” merupakan satu keinginan agar lingkungan perumahan menjadi asri, segar dipandang mata karena hijaunya tanaman sayuran.
  • Lokasi penanaman pada awalnya disekitar Jl Bandara Juanda I dan II dengan jumlah  Sejak bulan Agustus 2007 lokasi kebun organik Vigur Asri menempati lahan pekarangan rumah di Jalan Bandara Juanda II BB 30B, serta tambahan pengembangan lahan seluas 300 m untuk budidaya tanaman berbuah dan tidak menggunakan polybag di Jl Bandara Juanda II CC 20B Perumahan Villa Gunung Buring Malang.
  • Pada awal berdiri kelompok tani  menjadi plasma dari petani inti “Kurnia Kitri Ayu yang berlokasi di Sukun selama 8 bulan sampai dengan Desember 2007. Selama itu pula kelompok tani mengikuti program dari petani inti baik jenis yang ditanam, jadwal penanaman maupun panen, serta target yang harus dicapai yang disesuaikan  dengan jadwal dan program dari petani inti.
  • Seiring dengan tekad dan keinginan untuk menjadi kelompok tani yang mandiri dan bebas, maka pada bulan Januari 2008 kelompok Vigur Asri melepaskan diri dari kemitraan sebagai plasma dengan “Kurnia Kitri Ayu Farm”, dan secara mandiri pula mulai mencari pasar dan mengembangkan budidaya sesuai dengan permintaan pasar.
  • Telah banyak plasma yang menjadi anggota dan binaan kelompok, tidak hanya terbatas pada yang berada di lingkungan perumahan sekitar lokasi Vigus Asri, kelurahan Cemorokandang atau di wilayah kec, Kedungkandang, namun sudah banyak plasma dari luar kecamatan Kedungkandang dan bahkan yang berada di wilayah kabupaten Malang.
  • Kemitraan dan kerjasama dijalin oleh kelompok Vigur Asri dengan berbagai kelompok maupun organisasi/asosiasi profesi untuk memudahkan akses kelompok dalam melakukan pengembangan, antara lain dengan: 1) PT Sang Hyang Seri (Persero), 2) Kelompok Tani Maju sebagai pengrajin media tanam (pupuk kandang, sekam, tanah, dan rak), 3) KTNA, 4) HKTI, 5) ASPARTAN (asosiasi pasar tani dan menjadi salah satu pengurus yang ada di dalamnya), 6) Universitas Merdeka Malang, dan 7) Kelompok tani organik yang ada di Malang Raya.
  • Sejalan dengan perkembangan pengetahuan serta kesadaran yang semakin tinggi dari masyarakat akan manfaat tanaman organik khususnya di wilayah Malang raya, telah banyak masyarakat baik secara individu maupun kelompok/organisasi PKK, pemuda,  atau kelurahan yang datang dan meminta diselenggarakan kegiatan budidaya tanaman organik. Dengan demikian maka kegiatan kelompok tani Vigur Asri saat ini tidak hanya budidaya sayuran, melainkan berkembang menjadi pelatih/pemateri budidaya sayuran organik diberbagai daerah di wilayah malang raya dan bahkan sampai di kabupaten lain di Jawa timur. Pelatihan dilakukan dengan peserta cara datang langsung ke lokasi kebun Vigur Asri, maupun ditempatnya masing-masing (kelompok tani Vigur Asri yang datang ke lokasi sasaran pelatihan).

Tujuan

  • Untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan bahan makanan/sayuran sehat melalui optimalisasi lahan pekarangan dan pemanfaatan waktu luang, sehingga lingkungan menjadi lebih asri.
  • Untuk mengurangi konsumsi bahan makanan yang banyak mengandung pestisida atau pupuk kimia yang disadari sangat berbahaya bagi kesehatan.
  • Untuk menambah pendapatan keluarga (sebagai penghasilan sampingan) melalui kegiatan bercocok tanam sayuran organik.
  • Menunjang program pemerintah yang mencanangkan Indonesia “Go Organik” pada tahun 2010.
  • Mengangkat perekonomian masyarakat ekonomi menengah ke bawah umumnya dan pemberdayaan wanita pada khususnya.

Kapasitas dan Jenis Produksi

  • Mengingat terbatasnya lahan pekarangan di lingkungan perumahan, maka penanaman dilakukan menggunakan wadah, yakni polybagpolybag yang disusun pada rak-rak yang terbuat dari bambu. Media yang digunakan adalah campuran tanah, sekam, dan pupuk kandang, tanpa menggunakan pupuk kimia serta tidak menggunakan pestisida. Proses penanaman sampai panen dilakukan secara manual dan sederhana.
  • Kapasitas produksi kebun organik Vigur Asri adalah 3000 polybag. Penanaman dilakukan secara bertahap, yakni setiap hari dengan masing-masing maksimal 200 polybag, sehingga produksi dalam setiap hari antara 300 – 400 polybag, dengan hasil panen ± 15kg/hari.
  • Jenis sayuran yang dibudidayakan Vigur Asri baik di kebun sendiri maupun oleh plasma terdiri dari 16 jenis. Sayuran yang ditanam dalam polybag terdiri dari: kangkung, siongmax, sawi (caysim), bayam, sawi daging, kalian, dan slada kriting (sla). Sedangkan jenis tanaman yang dibudidayakan langsung di atas lahan (tanpa polybag) terdiri dari  buncis, kubis, kacang panjang, tomat, mentimun, terung, labu siam atau manisah, wortel, dan bunga rosela. Sayuran tersebut dibudidayakan sesuai dengan kebutuhan konsumen/permintaan pasar dan dipanen dalam usia muda (baby).
  • Kegiatan yang dimulai dari persiapan, penyiapan media tanam, penanaman, penyiraman, sampai dengan pengemasan dilakukan oleh semua anggota kelompok (inti maupun plasma) secara bersama-sama dan sesuai dengan standar yang disepakati. Alur kegiatan kelompok tani dalam usaha produksi sayuran organik adalah sebagai berikut:

Pemasaran

  • Pada awal berdiri sampai selama 8 bulan, pemasaran hasil panen selama ini tidak dipasarkan secara langsung kepada konsumen, melainkan melalui petani inti. Harga jual disesuaikan dengan harga yang ditentukan oleh petani inti yang sekaligus sebagai penyalur hasil panen kelompok.
  • Dengan tersedianya lahan yang jika dimaksimalkan dapat ditanami 3000 polybag, ditambah tanaman sayuran yang berbuah yang tidak ditanam pada polybag, banyaknya minat dari warga sekitar yang ingin bergabung untuk terlibat dalam kegiatan tersebut, memacu kelompok untuk melepaskan diri sebagai plasma dan mencari pasar secara mandiri.
  • Produk Vigur Asri di pasarkan dengan menggunakan label “Say O” yang merupakan kependekan dari Sayur Organik. Produk Vigur Asri telah dinyatakan sebagai produk organik oleh Dinas Pertanian Kota  maupun Provinsi.
  • Pemasaran dilakukan secara langsung dan secara konsinyasi. Penjualan langsung dilakukan bagi konsumen yang sudah menjadi pelanggan tetap, maupun yang datang langsung ke lokasi penanaman (kebun), sedangkan konsinyasi dilakukan untuk pemasaran melalui supermarket.
  • Pemasaran insidental melalui kegiatan-kegiatan yang diikuti oleh kelompok tani Vigur Asri seperti halnya melalui kegiatan pameran, expo, pasar tani, atau event promo lainnya.
  • Selain pemasaran hasil budidaya tanaman organik yang, kelompok tani Vigur Asri juga memasarkan/menjual media tanam dan aneka macam bibit, serta hasil olahan organik (bumbu dasar, bumbu pecel), serta beras organik (beras putih, merah, dan beras hitam) bekerja sama dengan kelompok tani organik mitra yang ada di wilayah Malang raya.

Rencana Pengembangan Ke Depan

  • Penanaman berbagai jenis sayuran, baik di kelompok inti maupun melalui plasma-plasma binaan.
  • Memiliki sertifikat organik dari lembaga sertifikasi
  • Memiliki Kios (istana sayuran organik) sebagai tempat menjual hasil kebun maupun olahannya.
  • Memiliki koperasi serba usaha yang berbadan hukum sebagai wadah bagi anggota kelompok tani organik khususnya, dan masyarakat pada umumnya.
  • Melakukan diversifikasi produk olahan organik.
  • Memiliki lahan sendiri yang permanen yang dapat dijadikan sebagai objek wisata maupun pusat pelatihan tanaman organik sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan khususnya bagi masyarakat sekitar.

Kegiatan Lain dan Prestasi yang diraih

  • Beberapa anggota kelompok pernah mengikuti seminar dan lokakarya Nasional “Pemanfaatan Pekarangan untuk Sayuran dan Biofarmaka Organik” yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah bekerjasama dengan Direktorat Budidaya Tanaman Sayuran dan Biofarmaka, pada bulan Juni 2007.
  • Mengikuti pameran di Gelora Ken Arok Malang pada bulan Juli 2007
  • Mengikuti kegiatan Dengar pendapat dengan anggota DPR RI (Komisi VI) pada bulan Agustus 2007.
  • Mendapatkan bantuan modal pengembangan usaha dari anggota DPR RI sejumlah Rp. 1.500.000,00 yang direalisasikan dengan penambahan media tanam sejumlah 500 polybag.
  • Mengikuti semiar ekonomi kerakyatan dan UKM Yang diselenggarakan KOPMA UM dan DEKOPINDO (5 anggota)
  • Menjadi penyelenggara pelatihan budidaya sayuran organik se kota Malang yang diikuti oleh 150 peserta perwakilan setiap kecamatan (anggota PKK, Unsur Sekolah, Karang Taruna, dan PPL) bekerja sama dengan PT Sang Hyang Seri (Persero) yang sekaligus dilakukan penandatanganan MoU antara kelompok Tani Vigur Asri dengan PT Sang Hyang Seri (Persero) pada bulan November 2007.
  • Terpilih sebagai kelompok tani berprestasi Tingkat Nasional 2007.
  • Membidani lahirnya pra koperasi Vigur Asri pada 1 Januari 2008
  • Studi banding ke Pusat Pengembangan Organik PT. Sampurna di Pandaan, Februari 2008.
  • Pameran di Sasana Krida Universitas Malang, bekerjasama dengan Universitas Merdeka malang, Maret 2008
  • Mengikuti temu tani se Malang Raya serta dialog dengan anggota DPR RI dan BUMN yang terkait pada bulan Maret 2008.
  • Mengikuti pasar lelang yang diselenggarakan DISPERINDAG provinsi Jawa Timur di Bank Jatim Surabaya April 2008.
  • Mengikuti pelatihan pengolahan pangan untuk industri di Hotel Utami Surabaya, April 2008
  • Peserta apresiasi organik di Hotel Utami Surabaya, Mei 2008
  • Menghadiri undangan Pameran Sayuran Organik yang diselenggarakan Agro Kusuma yang dihadiri oleh Pengusaha dari Singapura pada bulan Mei 2008
  • Juara I lomba kelompok tani se kota Malang dan juara III lomba cipta menu yang diselenggarakan Dinas Pertanian Kota Malang bulan Juli 2008.
  • Mengikuti pelatihan internet di TELKOM DIVRE Malang, Juli 2008
  • Perluasan lahan seluas 300 m (kebun 2) dan pembuatan greenhouse (kebun 1), Agustus 2008.
  • Mengikuti apresiasi organik di gedung DOM UMM Malang.
  • Study banding ke PUSPA (Pusat Penelitian dan Pengembangan Agrobis) di Lebo Sidoarjo.
  • Menjadi pemateri pada pelatihan budidaya tanaman organik di Kabupaten Pasuruan (kec. Sengon, Purwosari, Nongko Jajar, dan Bangil) yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan, bulan Agustus – September 2008.
  • Melaksanakan pelatihan budidaya  sayuran Organik di Kecamatan Karangploso Malang, September 2008
  • Mendapat kunjungan dari Staf Ahli Gubernur (Ibu Nindyo beserta binaan), bulan Oktober 2008
  • Mendapat bantuan SOCIS dari Dinas pertanian.
  • Melaksanakan pelatihan dan pendampingan budidaya tanaman organik di kelurahan Cemorokandang (40 peserta perwakilan 11 RW)  yang diselenggarakan PNPM Mandiri Cemorokandang, 14 Desember 2008. Kegiatan pendampingan budidaya di setiap RW (11 RW) dilakukan mulai bulan Januasi 2009.
  • Memberikan pelatihan budidaya tanaman organik bagi siswa kelas 6 MI Al Huda Sawojajar Malang, 8 Januari 2009
  • Melaksanakan pelatihan budidaya tanaman organik di kelurahan Bunul Rejo Kec. Blimbing, diikuti oleh 70 peserta perwakilan 23 RW,  yang diselenggarakan BKM Bunulrejo 21 Februari 2009.
  • Melaksanakan pelatihan budidaya tanaman organik di Kecamatan Sawojajar 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang,  Maret 2009.
  • Melaksanakan pelatihan budidaya tanaman organik di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang,  Maret 2009.
  • Melaksanakan pelatihan budidaya tanaman organik di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang, 26 Maret 2009.

STRUKTUR ORGANISASI KELOMPOK TANI WANITA VIGUR ASRI


KELOMPOK TANI WANITA

Vigur Asri

JL. BAND. JUANDA II/BB30 VILLA GUNUNG BURING

CEMOROKANDANG-KEDUNGKANDANG

KOTA MALANG TLP. 0341-7011711

IDENTITAS

NAMA                       : KELOMPOK TANI WANITA VIGUR ASRI

LOKASI                    : JL. BANDARA JUANDA II/ BB NO 30

TLP. (0341) 714417- 7011711

RT 01 RW 07 KELURAHAN CEMOROKANDANG

KECAMATAN KEDUNGKANDANG – KOTA MALANG


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: